Pages

Labels

May 30, 2011

Motherboard, Kartu Grafis, dan Server Anyar ASUS


Menjelang akhir bulan Mei ini, ASUS memperkenalkan sejumlah produk baru. Bukan hanya untuk konsumen end-user, pabrikan asal Taiwan ini juga melayani pelanggan kelas enterprise.
Produk pertama adalah motherboard. Tak tanggung-tanggung, ASUS meluncurkan dua model anyar sekaligus, yaitu P8Z68 Series dan ROG Maximus IV GENE-Z.
Semua motherboard ASUS P8Z68 Series dan ROG Maximus IV GENE-Z memiliki fitur menakjubkan yang memaksimalkan kinerja dari teknologi prosesor Sandy Bridge. Keduanya maju dengan beragam inovasi dan fitur baru yang lebih lengkap pada platform Z68, namun tetap mempertahankan kinerja andalnya.
Beberapa fitur baru tersebut antara lain implementasi switchable graphic universal LucidLogix Virtu dan Intel Smart Response Technology.
Teknologi LucidLogix Virtu tergabung dengan kemampuan Intel Quick Sync Video sehingga mempercepat transcoding video 3 kali lebih cepat dan performa ekstrem dari kartu grafis NVIDIA dan AMD terbaru. Sementara itu, Intel Smart Response Technology dapat mempercepat kinerja hard drive dan mengurangi konsumsi energi.
Motherboard anyar ASUS ini juga menghadirkan teknologi eksklusif DIGI+ VRM untuk meningkatkan respon dan tuning sistem yang lebih presisi. Terdapat pula UEFI BIOS dari ASUS yang menyediakan input mouse dan BIOS graphical user interface.
       Produk terbaru kedua ASUS ialah kartu grafis GTX 560 DirectCU II TOP berbasis NVIDIA GTX 560.
ASUS GTX 560 DirectCU II TOP telah di-overclock menjadi 925MHz serta dilengkapi memori 1GB GDDR5. Para overclocker yang ingin memaksimalkan kartu grafisnya juga dapat memanfaatkan utilitas eksklusif Voltage Tweak untuk meningkatkan kinerja hingga 50% lebih cepat. ASUS memang merancangnya bagi kepuasan pengalaman bermain game yang menakjubkan.Kartu grafis ini dikombinasikan dengan fitur-fitur eksklusif, seperti solusi pendingin DirectCU II dan teknologi Super Alloy Power.
        DirectCU II menggunakan kipas ganda dan heatpipe dari tembaga yang bersentuhan langsung dengan GPU, memungkinkan GTX 560 DirectCU II TOP memindahkan panas 20% lebih efisien, untuk kemudian dilepaskan dengan bantuan dua kipas berukuran besar untuk proses pendinginannya.
Desain penggunaan kipas ganda yang efisien menghasilkan aliran udara dua kali lebih banyak dibandingkan desain yang menggunakan kipas tunggal. Desain ini secara efektif melepaskan panas yang dihasilkan, memastikan kartu grafis tetap dingin dan hening.
        Tak hanya itu, terdapat pula Super Alloy Power yang terbuat dari campuran logam dengan formulasi khusus untuk meningkatkan efisiensi daya. Teknologi ini memungkinkan peningkatan kinerja sebanyak 15% sekaligus mengurangi suhu operasional hingga 35°C. Walhasil, usia teknis kartu grafis ini lebih awet hingga 2,5 kali lipat.
          Produk terakhir ditujukan ASUS bagi pelanggan enterprise, yakni server flagship RS724Q-E6/RS12 yang berbasis prosesor Intel 5500/5600 6-core dan 4-core.
Memanfaatkan kemampuan prosesor seri Intel 5500/5600, RS724Q-E6/RS12 dilengkapi 4 node hot-pluggable tersendiri dalam bentuk server chassis 2U. Tiap node mendukung penggunaan CPU 6-core dan 4-core. Masih ditambah ketersediaan 12 slot DIMM yang mendukung memori hingga 96GB.
Kesemuanya menghadirkan komputasi kinerja tinggi empat node dengan bentuk server 2U yang ringkas, dengan kemampuan komputasi total 48 core dan ketersediaan 48 slot DIMM.
           RS724Q-E6/RS12 juga didukung power supply 1.600W 80Plus Platinum ganda untuk konfigurasi power supply redundant yang efisien, dengan power efficiency rata-rata 88% (under load) dan fitur Automatic load balancing.
           Onboard InfiniBand QDR (40Gb/s) dengan port QFSP membuat RS724Q-E6/RS12 sangat cocok digunakan sebagai HPC yang membutuhkan kecepatan transfer dan low latency terbaik.
Untuk kemudahan maintenance, server ini menyediakan fitur hot swap untuk hard drive, fan, dan power supply, juga node yang hot-pluggable, memudahkan proses service dan penggantian tanpa mengharuskan server offline.
           RS724Q-E6/RS12 mendukung penggunaan upgrade kit ASUS PIKE (opsional) dengan menggunakan PIKE riser atau PIKE card combo untuk menambahkan dukungan SAS 2.0 port.
Perangkat tambahan ASMB4-iKVM upgrade kit dilengkapi online graphical user interface, memungkinkan fungsi remote control yang seutuhnya pada server ini. Software ASUS ASWM memudahkan implementasi dan pengelolaan dengan antarmuka yang user friendly.

0 comments:

Post a Comment