Pages

Labels

June 16, 2011

AMD Adakan Competisi Aplikasi Komputer OpenCL

Dalam  bulan Juni 2011, AMD mengadakan kontes Kompetisi Coding OpenCL  AMD yang diselenggarakan oleh TopCoder, pengembang perangkat lunak terkemuka. Idealnya, perangkat ini bertujuan untuk mendorong pembuatan aplikasi yang memanfaatkan OpenCL serta arsitektur AMD Fusion accelerated processing unit (APU). Lebih dari itu, kompetisi ini juga terbuka bagi pengembang perangkat lunak yang memiliki ide-ide menarik.

“Kompetisi coding OpenCL ini merupakan permulaan dari gelombang baru pengembangan aplikasi oleh komunitas perangkat lunak karena mereka memanfaatkan komputasi heterogen pada berbagai platform,” ujar Manju Hedge (corporate vice president, AMD Fusion Experience Program).

Teknologi AMD Accelerated Parallel Processing (APP) (dulu ATI Stream) merupakan seperangkat teknologi perangkat keras dan perangkat lunak canggih yang mendukung OpenCL dan memberikan GPU dengan kemampuan komputasi  tinggi secara paralel. Tujuannya tak lain untuk bekerjasama dengan sebuah sistem CPU untuk mempercepat aplikasi melebihi grafis x86 tradisional dan pemrosesan video.

Sementara AMD Fusion APUs akan mengombinasikan teknologi x86 multi-core dengan GPU berkemampuan DirectX 11 level terpisah pada sebuah desain tunggal prosesor yang dihubungkan dengan koneksi berkecepatan tinggi dan memberikan kinerja komputasi hingga 500 gigaflops.

Bagi pengembang dan pelajar yang berpartisipasi akan diminta untuk menyerahkan sebuah abstrak yang menggambarkan rencana mereka menggunakan seperangkat pengembangsoftware (software development kit/SDK) AMD APP generasi terbaru dengan dukungan OpenCL untuk menciptakan aplikasi accelerated bagi platform AMD Fusion APU.

Beberapa kategori yang ditawarkan bagi para kontestan di antaranya adalah:
  • Pemrosesan video
  • Pemrosesan gambar
  • Keamanan
  • Human Computer Interface
  • Data Mining
  • Gaming
  • Pemrosesan Fisika
  • Jejaring Sosial/Komunikasi

Saat ini arsitektur AP Uterus diadaptasi secara lebih luas dalam desain komputasi yang baru, dan kami percaya bahwa para pengembang ingin membuat serta mengotimalkan aplikasi mereka dengan kinerja tinggi yang dicapai dengan platform perangkat keras yang baru ini,” tutur Matt Murphy (manager platform TopCoder). Murphy menambahkan, pergeseran teknologi ini merupakan peluang yang sangat besar bagi para pengembang di seluruh dunia yang ingin segera memanfaatkan era baru komputasi heterogen.

Sebagai tambahan untuk SDK, kontestan akan memerlukan driver AMD Catalyst terbaru yang di dalamnya sudah termasuk penyusun runtime OpenCL. Adapun AMD Catalyst terbaru ini dirancang untuk Windows dan Linux.


0 comments:

Post a Comment